Rektor Tinjau Sistem Informasi Database Unhas

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengharapkan agar data di sistem informasi manajemen Unhas yang dikelola oleh Pusat Tehnologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) agar semakin dilengkapi.  Hal ini sangat penting agar informasi mengenai kondisi terkini Unhas dapat diakses dengan cepat untuk tujuan-tujuan evaluasi maupun perencanaan.  Harapan tersebut terungkap ketika Rektor Unhas meninjau basis data sistem informasi di Ruang PTIK Rektorat Unhas, Senin (20/6).

Informasi yang paling penting dibenahi dulu menurut Rektor adalah data kondisi sumberdaya manusia, kemudian aset-aset Unhas. “Data konsisi SDM kita yang paling penting. Ini terkait jika ada evaluator atau tamu-tamu penting kita yang berkunjung di Unhas, dapat kita akses dan tampilkan langsung di depan mereka.  Bukan hanya kondisi kekinian, alangkah baiknya jika itu dilengkapi dengan history (perkembangan dari yang lalu, red), sehingga keputusan-keputusan terkait dengan rencana pengembangan Unhas dapat segera diambil,” jelas Dwia.

Langkah pertama yang mesti dilakukan dulu, lanjut Dwia, adalah dengan menginventarisasi data-data yang umum dulu, namun penting untuk perencanaan maupun evaluasi. “Misalnya, ada fakultas yang meminta pengadaan barang. Untuk menyetujui atau tidak usulan tersebut, mestinya didukung oleh data yang bisa diakses dengan cepat,” ungkap Dwia. “Kalau bisa, surat-surat yang sudah didisposisi itu, bisa diketahui keberadaannya dimana,” harap Rektor.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua LKPP Unhas Prof. Dr. Diraya Rauf, DEA bahwa data base terutama kondisi SDM ini juga sangat penting, terutama untuk tujuan akreditasi dan evaluasi program studi. “Jika ada reviewer yang melakukan berkunjung ke Unhas, itu bisa langsung kita perlihatkan,” kata Diraya.

Direktur PTIK Unhas Dr. Niswar, ST., MT berjanji akan terus membenahi pangkalan data Unhas agar nantinya bisa menjadi penopang dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan, namun ia juga mengakui kondisi PTIK saat ini yang masih terbatas SDM, terutama programmer. “Saat ini kita masih kekurangan programmer. Namun keinginan Ibu Rektor akan kita upayakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga hadir Wakil Rektor I Prof.Dr. Junaedi Muhidong, M.Sc, Wakil Rektor IV Prof.dr. Budu, PhD., dan Sekretaris Universitas Dr. Nasruddin Salam, MT.

Oleh: Hadrayanti

Helpdesk Network dan Web Direktorat Teknologi Informasi
Unit Kerja Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Universitas Hasanuddin
Alamat:
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10
Makassar, 90245. Sulawesi Selatan, Indonesia
Phone: 62411-586200, 62411-584200
Fax: 62411-585188
Email: adrayanti@unhas.ac.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: