Training dan Sertifikasi Red Hat Tim Data Center

Setelah training dan ujian

Direktorat Teknologi Informasi Unhas, telah memiliki tim data center yang mengelola server. Demi menunjang kinerja yang lebih baik pada tanggal 18-22 oktober 2016 yang bertempat di Lab Komputer DTI Unhas, telah diadakan training Red Hat Certified System Administrator atau disingkat RHCSA.  RHCSA sendiri adalah training yang dikhususkan bagi para profesional IT yang baru mengenal Linux dan memerlukan pemahaman dasar mengenai Red Hat Enterprise Linux. Training Red Hat berlangsung selama lima hari yang dibimbing oleh lembaga sertifikasi terpercaya yaitu  PT. Inixindo.

suasana training

Selama training peserta yang terdiri dari 11 orang dari tim data center DTI diajarkan langkah-langkah tugas administratif yang diperlukan dalam penggunaan server sehari-hari, sarat dengan aktivitas praktek lab, dan diskusi-diskusi untuk memastikan para peserta mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan sistem operasi berbasis linux yaitu Red Hat. 

Ketika praktek peserta dimudahkan dengan adanya tools-tools GUI yang ada di dalam Red Hat Enterprise Linux,  peserta juga diperkenalkan dengan konsep command-line yang menyediakan fondasi dasar untuk menjadi administrator Linux. Pada akhir training, peserta diharapkan mampu untuk melakukan instalasi, mengonfigurasi koneksi jaringan, mengelola storage, dan melakukan pengelolaan dasar security.

ujian RHCSA

Selain training, kegiatan ini juga disertai dengan ujian sertifikasi RHCSA yang dilakukan di hari terakhir. Dengan lulusnya para peserta dari ujian maka tim data center DTI telah tersertifikasi untuk mengadministrasi server yang dimiliki universitas.

 

Oleh: Hadrayanti

Helpdesk Network dan Web Direktorat Teknologi Informasi
Unit Kerja Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Universitas Hasanuddin
Alamat:
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10
Makassar, 90245. Sulawesi Selatan, Indonesia
Phone: 62411-586200, 62411-584200
Fax: 62411-585188
Email: adrayanti@unhas.ac.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: